Memasuki satu tahun terlaksananya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi di Indonesia. Pada pekan kedua bulan Maret, 8-12 Maret 2021, Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di SMP SMA IT Al-Fatih Makassar dilaksanakan secara daring (online).

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 pekan kegiatan pembelajaran efektif. Penyelenggaraan PTS didahului dengan ujian tahfidz dan tahsin yang merupakan salah satu program unggulan SMP SMA IT Al-Fatih Makassar pada pekan pertama di tanggal  3-5 Maret 2021. Berlangsung selama tiga hari, ujian kali ini dibuat sedikit berbeda dari semester sebelumnya. Pelaksanaannya diserentakkan bagi setiap peserta didik dan penguji adalah masing-masing pengampu tahfidz di setiap level dengan menggunakan metode direct assessment secara daring. Sehingga esensi suasana ujian bagi Ananda sangat terasa.

Secara umum, kegiatan PTS daring di semester ini tidak jauh berbeda dengan ujian daring sebelumnya. Kali ini pelaksanaan PTS menggunakan LMS (Learning Management System) “Kelas Kita” dan beberapa platform yang akrab dimanfaatkan oleh tendik SMP SMA IT Al-Fatih Makassar seperti Google Classroom. Kelas Kita yang dikembangkan oleh Developer IT Sekolah merupakan upgrade dari sistem e-learning sebelumnya dengan tujuan yang sama yakni untuk mengelola kegiatan belajar mengajar (kbm) daring, mendistribusikan materi ajar dan memungkinkan kolaborasi antara peserta didik dan tendik.

Selain pelaksanaan PTS menggunakan Kelas Kita, ujian kali ini terbilang eksklusif sebab butir soal evaluasi yang diberikan terintegrasi dengan jenis soal AKM. Hal ini selaras dengan arahan Manajer bidang akademik SIT Al-Fatih, Andi Nori Rahmawati, SP., M. Pd. Ia menyampaikan bahwa PTS dilaksanakan bukan hanya sekedar untuk menggugurkan amanah dalam mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah diberikan melainkan untuk mengukur pemahaman kognitif dan keterampilan peserta didik dengan soal uraian terpadu antara literasi dan numerasi.

Sebelum ujian PTS ini pun berlangsung, Andi Agus, S.Pd., M.Pd, Kepala SMP SMA IT Al-Fatih Makassar, dalam rapat koordinasi sekolah menegaskan kepada seluruh tendik sebagai panitia pengawas ujian PTS untuk memantau peserta didik dengan seksama. “Saya berharap setiap kegiatan (khususnya ujian) yang kita berikan kepada Ananda bukan hanya menilai kemampuan daya nalar mereka, juga mampu membentuk karakter andal, yaitu jujur dalam mengikuti ujian,” ujar beliau.

Sesuai dengan arahan beliau. Selama kegiatan ujian PTS, baik peserta didik dan panitia pengawas telah menyiapkan perangkat pendukung untuk mengerjakan dan memantau PTS secara daring. Perpaduan penggunaan gawai, laptop atau HP (smartphone) yang terhubung dengan jaringan internet dan platform Google Meet sebagai ruang pengawasan mengefektifkan teknis pelaksanaan ujian. Jika peserta didik mengalami kendala pada saat mengikuti ujian, mereka dapat bertanya langsung kepada pengawas di ruangan ujian atau mengirimkan pesan di WA grup yang disediakan oleh panitia pelaksana.

Alhamdulillah, lancarnya penyelenggaraan ujian PTS ini tak lepas dari keikutsertaan setiap stakeholder. Kami haturkan jazakumullahu khairan. Semoga Allah memberikan keberkatan atas setiap ikhtiar yang telah ditempuh serta peserta didik dapat meraih hasil yang optimal.

Leave a Comment

Yayasanwhite

SIT Al Fatih berada dibawah naungan Yayasan Muhammad Al Fatih. Mulai dirintis dan didirikan tahun 2017 silam dengan membawa visi dan misi untuk Membentuk Generasi Unggul Berkarakter Qur’ani

Subscription

Maf Studio © 2021. All rights reserved.